Monday, July 18, 2016

Tips Berenang Untuk Pemula (Gaya Dada)

Renang adalah salah satu olahraga yang sangat digemari oleh semua kalangan muda maupun tua yang mempunyai sifat bisa merelaksasi tubuh. Olahraga ini juga cocok dilakukan di masa tua karena bersifat melatih pernafasan juga, ada beberapa orang menyebut berenang itu sangat sulit karena beberapa faktor diantaranya takut air, takut tenggelam dll. Kalau ada masalah pasti ada solusinya yaitu tips berenang untuk pemula adalah
  • Pengenalan air 
Pengenalan air sangat penting untuk dilaksanakan pada tahap awalan, ini berlaku untuk semua kalangan umur dan pengenalan air ini bertujuan untuk membiasakan untuk tidak takut pada saat di dalam air. metode pengenalan air ini bisa dilakukan dengan melakukan injak-injak air, berjalan di dalam kolam renang yang tentunya dengan kedalaman 1m.
  • Pernafasan 
Latihan pernafasan juga sangat penting dalam berenang dikarenakan kita harus menahan nafas saat berada di dalam air dan mengeluarkanya pada saat seluruh kepala kita berada diatas permukaan air, latihan yang dibutuhkan dan sangat mudah dilakukan yaitu  lakukan teknik pengambilan nafas dengan menahan nafas didalam air selama 10-15 detik untuk awalan dengan 5-10 repetisi.
  • Meluncur 
Teknik meluncur tanpa menggunakan bantuan ayunan kaki dan ayunan tangan adalah tahap awalan melakukan renang gaya dada oleh pemula, jika sudah menemukan keseimbangan saat meluncur tambahkan dengan ayunan kaki terlebih dahulu. Untuk gaya dada ayunan kaki seperti ayunan kaki katak yang menggunakan telapak kaki agar dorongan lebih kuat, setelah itu lakukan dengan ayunan tangan disertai dengan pengambilan nafas.
  • Sabar dan tenang
Saat kita belajar berenang yang kita butuhkan yaitu kesabaran, tidak harus langsung bisa karena bisa tercipta karena terbiasa. Kunci nya sabar melakukan step by step dan tenang saat belajar di dalam air, kalau kita panik saat di dalam air maka akan membahayakan diri kita sendiri. 

No comments:

Post a Comment